Manual Gls Literasi Berimbang
- Seri Manual GLS Literasi Berimbang. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) telah disambut baik oleh sekolah di seluruh Indonesia. GLS telah terintegrasi baik dengan aktivitas implementasi Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter, dan program-program Kemendikbud lainnya.
Literasi Berimbang merupakan pendekatan pembelajaran untuk membuatkan keterampilan memahami dan menghasilkan informasi. Istilah ‘berimbang’ mengacu pada pandangan bahwa siswa berguru menjadi pembaca yang memerlukan banyak sekali kesempatan berbeda untuk belajar. Keseimbangan diperoleh melalui campuran banyak sekali taktik pembelajaran dengan tujuan menghasilkan pembelajar yang kompeten dan literat.
Kelompok kegiatan membaca menawarkan waktu bagi siswa untuk membaca, dengan bimbingan guru/pendamping yang juga cinta membaca, mempunyai kesempatan untuk berbicara dan menulis perihal teks yang dibaca, dan mendapat bimbingan eksplisit perihal keterampilan dan taktik untuk menjadi pembaca yang baik.
Dalam literasi berimbang, guru diperlukan menyediakan waktu untuk membacakan cerita/buku beberapa kali dalam seminggu. Tak kalah pentingnya yaitu kesempatan untuk membaca banyak sekali jenis teks terkait dengan bidang studi dan bagaimana membuatkan taktik pemahaman banyak sekali teks tersebut.
Secara singkat, literasi berimbang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
Berikut ini link download Buku Seri Manual GLS Literasi Berimbang:
Seri Manual GLS Literasi Berimbang.pdf, Unduh
Demikian kami informasikan Seri Manual GLS, Literasi Berimbang. Semoga bermanfaat.
Literasi Berimbang merupakan pendekatan pembelajaran untuk membuatkan keterampilan memahami dan menghasilkan informasi. Istilah ‘berimbang’ mengacu pada pandangan bahwa siswa berguru menjadi pembaca yang memerlukan banyak sekali kesempatan berbeda untuk belajar. Keseimbangan diperoleh melalui campuran banyak sekali taktik pembelajaran dengan tujuan menghasilkan pembelajar yang kompeten dan literat.
Kelompok kegiatan membaca menawarkan waktu bagi siswa untuk membaca, dengan bimbingan guru/pendamping yang juga cinta membaca, mempunyai kesempatan untuk berbicara dan menulis perihal teks yang dibaca, dan mendapat bimbingan eksplisit perihal keterampilan dan taktik untuk menjadi pembaca yang baik.
Dalam literasi berimbang, guru diperlukan menyediakan waktu untuk membacakan cerita/buku beberapa kali dalam seminggu. Tak kalah pentingnya yaitu kesempatan untuk membaca banyak sekali jenis teks terkait dengan bidang studi dan bagaimana membuatkan taktik pemahaman banyak sekali teks tersebut.
Secara singkat, literasi berimbang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
- Mengembangkan kompetensi semua siswa dengan memanfaatkan banyak sekali materi ajar, sarana, dan strategi.
- Menekankan perkembangan bahasa lisan, kemampuan berpikir dan berkolaborasi sebagai dasar pembelajaran literasi.
- Menggunakan asesmen formatif sebagai panduan pembelajaran dan untuk memilih tingkat santunan yang perlu diberikan kepada siswa.
- Memberikan aba-aba yang eksplisit untuk keterampilan memecahkan duduk kasus dan berpikir strategis.
- Memberikan waktu khusus tanpa interupsi untuk pembelajaran literasi.
- Memenuhi kebutuhan pembelajaran dan literasi secara individu.
Berikut ini link download Buku Seri Manual GLS Literasi Berimbang:
Seri Manual GLS Literasi Berimbang.pdf, Unduh
Demikian kami informasikan Seri Manual GLS, Literasi Berimbang. Semoga bermanfaat.